Friday, October 24, 2008

Dinner


Kata dinner, walaupun terjemahan indonesianya adalah makan malam, sepertinya buat beberapa orang punya nilai rasa yang lebih tinggi daripada makan malam biasa. Buktinya, suatu hari di rumah ada senior dari tempat kuliah dulu yang datang bertamu. Pas tiba waktunya makan malam, dia ajak aku makan di warung deket rumah. Murmer. Setelah sampai di rumah lagi, aku bilang, "Thanks for the dinner." Wah, dia malah mukanya aneh. Dia bilang, "Ha ? Dinner ya?" dan mukanya tambah aneh, seakan bilang bahwa yang kayak begitu gak masuk kategori dinner. Akhirnya malah aku yang malu karena ngerasa salah ngomong, dan obrolan selanjutnya malah jadi garing. Wah, pusing amat ya, gara-gara dinner, acara silaturahmi jadi memble. Dah ah, sekarang liat ke foto. Itu menu makan malemku. Isinya nasi, tempe goreng tepung, sambel tempe, telor dadar. Sebenernya masi ada oseng gori, tapi aku lagi kepingin itu aja. Ih, serba tempe ya? Memang. Buat aku tempe itu makanan surga. Ga kebayang kalo tinggal di tempat yang ga ada tempe. Aku lebih suka tempe daripada daging. Buat aku, ditawarin tempe goreng lebih menggiurkan daripada ditawarin ayam goreng. Berhubungan dengan tempe, ada pertanyaan yang sering dilontarkan orang-orang yang baru tahu tentang makananku, "Makanannya tempe kok bisa gemuk ya?" Woo, mereka ga tau, aku memang ga suka daging, tapi pemakan nasi dan roti, juga keju. Ya gak heran kan? Trus dulu mertuaku kalo liat aku makan pake tempe suka nanya, "Makannya ga pake lauk, Ron?" Walah, padahal dah ada tempe, tapi ga dianggep lauk. Kali mertuaku khawatir, anaknya bisa-bisa cuman dikasi tempe melulu di rumah, ha ha ha. Whatever lah. Pokoknya tempe is the best. Dan itu jadi menu dinner-ku. Daaa . . .

0 comments: