Wednesday, March 10, 2010

Resep Donat Kampung (Pasti Jadi)

Pas kemaren-kemaren kepingin bikin donat. Setelah nyari-nyari, jatuhlah pilihan ke resep yang ada di http://muylinda.multiply.com/recipes/item/22/Resep_Donat_rumahan
Rasanya enak, lembut, kalo dah dingin masi tetep empuk, n yang penting, bikinnya gampang. Ini aja resepnya aku tulis ulang tanpa nyontek. Dah hafal luar kepala.

Bahan :

  • 500 gr tepung cakra
  • 400 cc susu putih cair/air hangat (aku selalu pake susu, gak pernah pake air biasa)
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 60 gr mentega
  • 2 sdm susu bubuk
  • 11 gr ragi instan (ini sebungkus)
  • 3 kuning telur

Cara membuat :

  • Campur tepung, ragi, gula, garam, mentega, susu bubuk, kuning telur, trus diuleni sambil dituang susu cair/air dikit-dikit. Aku pake mixer biasa, pake ulir yang buat roti, trus di-mix di kecepatan tinggi sampe kalis.
  • Tutupin serbet, diamkan 1 jam.
  • Bagi kecil-kecil, diamkan lagi sebentar, kira2 10'
  • Kalo mau bentuk donat, bolongin tengahnya, baru digoreng. Kalo males, langsung digoreng aja, he, he, he.... O, ya, gorengnya minyaknya banyak n api kecil.
  • Tuangin gula tepung ato palmsuiker, trus biarin yang makan nyocol sendiri donatnya ke gula.

Selamat mencoba ya.... Suer ini resep anti gagal.

5 comments:

aneka resep said...

keliatannya bakal enak donatnya' oh ya mau nanya knapa pake susu hangat?air hangat kok gak pake yang dingin aja .......apa bedanya?

SKY said...

Halo, sori ya komennya lama.
Donatnya keliatannya bakal enak ? Wah, iya, beneran, emang pasti enak. Aku dah coba berkali-kali. Tentang kenapa pake air hangat, gak pake yang dingin, aku juga gak tau, he, he, he, maybe lebih tepat kalo ditanyain ke yang punya sumber resep. Dalam hal ini aku seadanya aja. Selama ini nyobanya pake susu cair yang keluar dari kulkas sih, gak pernah pake air biasa. OK d, selamat mencoba. Let me know ya hasilnya.

polkachain said...

Aku nyoba tp gk bs kalis dan ngembang.. :(

SKY said...

Waduh...kenapa ya kok gak bs kalis n ngembang ? Mungkinkah problemnya di cara nguleninnya? Aku pernah pake tangan, memang ga jadi dan capenya minta ampun. Tapi begitu pake mixer sih, ok2 aja tuh.
Jangan menyerah ya, coba lagi....

akudw said...

Aq dah nyoba.adonannya ga mau kalis,masih nempel ditangan walau waktu dimixer adonan dh ga nempel diwadah,kira kira 30 menit mixernya.apa kurang lama?tp ngembang banget,waktu digoreng mekar walau dingin msh empuk,cuma bentukny aja yg ga bagus krn adonannya lembek dn lengket dtangan..kenapa ya?thanx